- / / : 081284826829

Tetap Sehat & Bugar di Saat Puasa
Oleh Arda Dinata

BERPUASA adalah menjadikan tubuh manusia sehat dan terhindar dari gejala-gejala penyakit. Nabi Saw bersabda yang diriwayatkan oleh Thabrani dari Abi Hurairah: “Berpuasalah, niscaya kamu sehat.” Berikut ini, ada beberapa petunjuk yang bisa kita lakukan agar kita sehat di saat puasa.

Baca lebih lengkap di sini ….


Pelajaran Sebuah Batu
Oleh Arda Dinata

SUATU pagi, terlihat seorang anak berjalan-jalan di sekitar danau. Tiba-tiba saya dikejutkan oleh tingkah laku anak itu yang melempar-lemparkan batu kecil ke dalam air danau tersebut. Dia, sangat senang dan girang terhadap lingkaran riak-riak air yang ditimbulkan batu itu. Lalu, seorang anak yang saya kenal itu bertanya, “Mengapa air itu menjadi melingkar dan apa arti lingkaran itu?”

Mendengar hal itu, saya jadi berpikir dan merenung. Apa makna dari kejadian itu. Yang oleh sebagian orang, mungkin dianggap sepele. Dan akhirnya saya teringat akan surat Al-Alaq: 1, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” Di sinilah, kita diwajibkan untuk membaca. Baik yang tersurat (Alquran dan hadits) maupun yang tidak tersurat, yaitu yang terjadi pada manusia dan alam sekitarnya.

Baca lebih lengkap di sini ….


Virus N’Ach Mencerahkan Kehidupan Keluarga
Oleh Arda Dinata

Ajaran Islam mewajibkan orangtua untuk mendidik anaknya. Jika tidak, menurut Prof. Dr. Baihaqi Ak –Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam IAIN SGD Bandung--, bukan hanya terhukum berdosa dengan ancaman siksa di akhirat, melainkan juga terancam dengan tidak mendapatkan hak moril dan materil dari anaknya.

Betapa rugi dan sengsaranya perjalanan hidup, jika hal itu nyata-nyata menimpa kita. Naudzubillah. Sehingga gambaran ini, haruslah benar-benar menyadarkan siapa pun akan pentingnya sebuah pendidikan terhadap anak-anak. Dan yang jelas unsur kegigihan kita dalam memberdayakan anak supaya terdidik akhlaknya merupakan pilar-pilar pembangun dari tegaknya tatanan sebuah keluarga sakinah.


Baca lebih lengkap di sini ….


Sukses Menulis Artikel
Oleh Arda Dinata

Menurut kamus umum bahasa Indonesia susunan W.J.S. Poerwadarminta, artikel diartikan sebagai karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar dan lain sebagainya. Sedangkan Lasa HS mengungkapkan tulisan artikel itu merupakan pengungkapan ide, menceritakan pengalaman dalam bidang tertentu yang tidak dikaitkan dengan tugas-tugas akademik.

Oleh karena itu, perlu Remaja MQ ketahui bahwa umumnya teknik penulisan artikel ini tidak diajarkan pada semua program dan jenjang pendidikan. Kiranya hanya terbatas pada penataran maupun pendidikan formal di bidang jurnalistik.


Baca lebih lengkap di sini ….
WWW.ARDADINATA.COM